8 Tips Terbaik untuk Backpacker Agar Traveling Makin Seru


Setiap orang pasti memerlukan yang namanya liburan. Apalagi, jika Anda sudah melewati hari-hari sibuk dengan berbagai rutinitas. Baik Anda berlibur untuk mengambil cuti kantor, atau sekedar liburan saat akhir pekan, backpacking juga perlu untuk direncanakan dengan baik. Coba simak tips-tips traveling ala backpacker berikut ini.

Sebelum Berangkat

Lakukan Riset Terlebih Dulu

Meski backpacker identik dengan jalan-jalan serba spontan, namun bukan berarti Anda tidak mempersiapkannya sama sekali. Anda tetap perlu melakukan riset tentang destinasi yang dituju, lalu di mana tempatnya untuk menginap, akan menggunakan transportasi apa dan berapa anggaran biayanya. Hindari berbekal nekat, ya.

Berkemas dengan Bijak

Anda akan pergi dengan membawa ransel dan bukan koper. Jadi, akan lebih lama waktu Anda di perjalanan sambil menggantungkan ransel di bahu. Nah, coba berkemaslah dengan bijak. Bawalah pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, dan keperluan lainnya sewajarnya saja. Selain lebih ringan, di dalam ransel Anda juga masih tersedia ruang untuk menaruh barang lainnya yang mungkin tidak terduga.

Menentukan Pre-booking Atau Tidak
Kembali lagi ke poin awal saat melakukan riset. Coba pertimbangkan lagi, apakah Anda akan berlibur selama 1-2 minggu saja, atau akan menghabiskan liburan sampai 3-6 bulan. Jika waktu liburan Anda lebih singkat, maka sebaiknya Anda melakukan pre-booking di satu atau dua hotel.

Namun, kalau memutuskan untuk menetap dalam waktu lama di suatu destinasi, sebaiknya lakukan pre-booking di dua atau tiga hotel dulu, lalu selanjutnya serahkan pada intuisi berkelana dalam diri Anda. Jika sudah lebih mengenal tempatnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan tempat bermalam yang nyaman.

Selama di Tempat Liburan


Mengobrol dengan Orang Baru


Menjadi traveler backpacker lebih dari sekedar turis yang hanya mengunjungi tempat wisata saja. Ke mana pun Anda jalan-jalan, coba gunakan kesempatan tersebut untuk ngobrol-ngobrol dengan penduduk setempat.

Baik Anda mengobrol dengan penjual di toko souvenir, atau guide di atraksi turis yang Anda kunjungi, atau sesama wisatawan yang sedang mengunjungi tempat di mana Anda berada. Anda tidak hanya mengenal destinasinya saja, namun juga budaya dan karakter orang-orangnya.

Cicipi Makanan Lokal

Pasti Anda tertarik untuk mencoba aneka macam masakan daerah. Dengan bujet minim, Anda tetap bisa melakukannya, kok. Coba anggarkan untuk bersantap satu menu lokal saja dalam sehari.

Sisanya, Anda bisa menyantap camilan atau street food, serta membeli bahan makanan khas daerah untuk membuat masakan sendiri. Inilah mengapa sebaiknya Anda pilih hotel backpacker yang menyediakan dapur.

Amankan Barang Bawaan

Di manapun tujuan backpacking Anda, di setiap kota pasti ada pencuri, pencopet dan penipu. Mereka adalah orang-orang yang lihai dalam mengenali turis dengan sekali melihat. Oleh karena itu, selalu hati-hati, ya. Sembunyikan dompet dan hp Anda di dalam tas, dan kalau bisa gantungkan tas Anda tersebut di bagian depan supaya aman.

Ketika Pulang Liburan

Membawa Dokumentasi Backpacking

Ada satu lagi yang paling penting dilakukan saat liburan, nih, yaitu berfoto-foto. Hanya lewat foto Anda bisa mengabadikan momen liburan backpacker Anda yang menyenangkan. Bisa juga selama di destinasi liburan, Anda membuat rekaman video tempat-tempat menarik yang dikunjungi. Pasti memorable banget.

Berbagi Pengalaman

Ceritakan pengalaman liburan Anda kepada saudara, keluarga dan teman-teman yang tidak ikut serta dalam perjalanan Anda. Ungkapkan serunya Anda jalan-jalan di destinasi Anda, serta ceritakan apa saja yang Anda jumpai di sana. Anda juga bisa mem-posting-nya di media sosial dan blog Anda untuk dibagikan dengan follower Anda.

Itulah tadi tips-tips backpacker yang bisa Anda terapkan saat traveling nanti. Selamat jalan-jalan.